Record Detail
Advanced Search
Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASANrnKONSUMEN PADA PT. KERETA APIrnDI STASIUN GUBENG SURABAYA
PT. Kereta Api Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalamrnbidang penyediaan pelayanan transportasi publik dan satu-satunya perusahaanrnyang mengelolah jasa transportasi bidang perkeretaapian. Dalam beberapa dekadernperkeretaapian menjadi bisnis yang berkembang pesat. Perkereta apianrnmempunyai beberapa kelebihan antara lain kemampuan untuk mengangkutrnpenumpang dan barang secara masal, hemat energi dan penggunaan ruangrnsehingga efisien, terutama untuk angkutan jarak jauh dan daerah yang padat lalurnlintas. Berdasarkan uraian diatas, penulis ingin membahas apakah kualitas layananrnPT. Kereta Api Stasiun Gubeng Surabaya yang meliputi, dimensi tangible,rndimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance, dimensi empathyrnsecara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT.rnKereta Api di Stasiun Gubeng Surabaya.rnJenis penelitian dengan menggunakan hipotesis survey, sampel sebanyakrn100 responden yang digunakan dalam penelitian di PT. Kereta Api StasiunrnGubeng Surabaya. Jenis data, adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber datarnmenggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan risetrnkepustakaan dan lapangan pengolahan data dengan uji validitas, uji reliabilitas,rnpengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis data statistik program SPSSrn12.0.rnDari hasil pembahasan meliputi: variabel tangible (X1), reliability (X2),rnresponsiveness (X3), assurance (X4), emphaty (X5), berpengaruh secara simultanrnterhadap variable terkait (Y). Hal ini terlihat dari F hitung 7,331 > F tabel 2,311 ataurnsignifikan 0,000 < 0,05.rnDari hasil penelitian secara parsial dapat diteliti hubungan variabel tangiblern(X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Y dimana t hitung 2,575 > t tabel 1,9855rnsignifikan 0,012 < 0,025, variabel reliability (X2) memiliki pengaruh yangrnsignifikan terhadap Y dimana t hitung 2,820 > t tabel 1,9855 signifikan 0,006 < 0,025,rnvariable responsivenes (X3) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Yrndimana thitung 2,268 > ttabel 1,9855 signifikan 0,026 > 0,025, variable assurancern(X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y dimana thitung 2,326 > ttabelrn1,9855 signifikan 0,022 < 0,025, variabel emphaty (X5) memiliki pengaruh yangrntidak signifikan terhadap Y dimana thitung 2,176 > ttabel 1,9855 signifikan 0,032 >rn0,025. Dari analisis uji t diketahui secara parsial variabel bebas X yang palingrndominan berpengaruh terhadap dimensi kepuasan Y adalah variabel reliabilityrn(X2) dengan nilai thitung 2,820 > ttabel 1,9855 signifikan 0,006 < 0,025.rnJadi dari pembahasan tersebut pihak PT. Kereta Api Stasiun GubengrnSurabaya diharapkan dapat memberikan layanan dengan segera, akurat,rnmemuaskan dan dapat diandalkan terus meningkatkan kualitas layanan, sertarnmenjaga kepercayaan konsumen sebaik-baiknya sehingga loyalitas konsumenrndapat dipertahankan.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | FE-UKDC : Surabaya., 2013 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
---
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly