No image available for this title

Text

Peranan perhitungan harga, pokok produksi dalam menentukan harga pokok penjualan pada CV.Matracons di Surabaya



Tujuan utama perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba yang optimal. Hal ini tidaklah mengherankan karena dengan laba suatu perusahaan dapatrnmempertahankan hidupnya dan memperluas usahanya. rnSelain itu keberhasilan suatu perusahaan sering kali dinilai dari tingkat laba yang dihasilkan. Untuk menghasilkan laba, suatu perusahaan dapat melakukan dua cara.rnCara pertama dengan menaikan harga jual. Tindakan ini memang dapat meningkatkan laba namun dalam kondisi persaingan yang semakin ketat ini, perusahaan rntidak mudah untuk menaikan harga jual karena dapat menyebabkan konsumen lari ke produk pesaing yang memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas produkrnyang sama. Cara kedua adalah dengan menekan biaya produksi secara efisien dan mengendalikan komponen biaya-biayanya sehingga biaya produksi yang dikeluarkanrndapat ditekan seminimal mungkin. Biaya produksi yang tidak terkendali akan menyebabkan harga pokok terlalu tinggi, yang selanjutnya akan menurunkan daya saing produkrndan akhimya dapat menurunkan laba untuk itu biaya produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produkrnyang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat menetapkan harga yang kompetitif,yang dapat mengoptimalkan laba sekaligus memenuhi tuntutan konsumen. Secararnumum harga pokok produksi dapat diartikan sebagai seluruh biaya yang dikorbankan dalam proses produksi untuk mengelola bahan baku menjadi barang jadi. Adapunrnbiaya-biaya tersebut meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Ketiga komponen biaya tersebut harus dicatat dengan baik dan dihitungrndengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk yang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat menetapkan harga yang dapat mengoptimalkan labarnsekaligus memenuhi tuntutan konsumen jual yang kompetitif. Di dalam perusahaan terdapat struktur organisasi. Struktur organisasi menggambarkan hubungan wewenangrndan tanggung jawab bagi setiap yang ada. Secara umum struktur organisasi CV. Matracons terdiri dari; Direktur,Plant Manager, Production Supervisor, Leader, Quality control, Marketing,Estimotor, Teknisi,Drafter,Accounting,Prodruction and Planing Control,Ware House. Prosedur penentuan harga pokok produksi pada CV. Matracons adalah bagianrnmarketing mendapatkan order dari customer, kemudian marketing membuat form isian design dan diserahkan kepada drafter kemudian gambar diserahkan marketing untukrndi acc kan ke customer. Setelah gambar tersebut di acc, estimator akan membuat rincian spesifikasi per item barang beserta harga pokok produksi, yang mana didalam hargarnpokok produksi terdapat biaya bahan baku biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Dan bagian marketing memberikan mark-up sekian porsen untuk keuntungan perusahaan,rnIalu rincian harga pokok produksi tersebut di sah kan dengan approval direktur dan manager finance.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
LAP KP FE-A SUG p 2012
Publisher FE- UKDC : .,
Collation
vi, 18hlm : tab: il ; 29cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly