No image available for this title

Text

Penerapan sistem pengendalian internal persediaan pada Gudang UD.Kawan Kita di Surabaya



Pengendalian internal sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menjamin ketersediaan barang di gudang apabila barang tersebut diperlukan oleh setiap departemen. Perbedaanrninformasi dalam persediaan dapat menyebabkan kekacauan dalam sistem penjualan. Jika barang yang tersedia di gudang dengan jumlah barang di kartu stock berbeda makarndepartemen penjualan akan mengalami kebingungan dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu Sistem Pengendalian Internal sangat penting agar seluruh kegiatanrnoperasional perusahaan berjalan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan tersebut dan untuk mengurangi resiko terhadap segala kecurangan yang dapatrndilakukan oleh setiap karyawan. rnDengan penelitian ini, diharapkan mampu mencari akar permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut agar kinerja perusahaan menjadi optimal. Dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari perusahaan ini, diharapkan dari hari ke hari perusahaan mampu berkembang lebih baik dan mampu bersaing di pasar.rnUD.Kawan Kita adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pipa pvc dan fitting dan telah berdiri sejak 1977 di Surabaya. Permasalahan utama yang sering terjadi pada perusahaan ini adalah sering adanya ketidak cocokan jumlah barang riil yang ada di gudang dengan jumlah barang dalam kartu stock. Hal ini tentu menimbulkan permasalahan tidak hanya bagi bagian gudang tetapi juga bagian penjualan. rnSebenarnya perusahaan ini telah mempunyai sistem yang baik tetapi di dalam pelaksanaannya sering terjadi kekeliruan yang mengakibatkan kinerja perusahaan menjadi tidak optimal. Sistem yang baik tentu juga harus didukung dengan sumber daya yang baik agar dapat mencapai kinerja yang optimal. Sering terjadi kekeliruan dalam penerimaan dan pengeluaran barang serta lemahnya pemeriksaan saat melakukan packing.rnSalah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan menambah jumlah karyawan sehingga antar karyawan dapat saling mengawasi pekerjaannya sehingga meminimalkanrnkekeliruan yang dapat terjadi. Selain itu, perusahaan juga dapat meminta bantuan konsultan agar sistem dan aktivitas operasional perusahaan dapat berjalan lebih optimal.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
LAP KP FE-A KUS p 2012
Publisher FE-UKDC : Surabaya.,
Collation
iv, 15hlm : tab : il ; 29cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly