No image available for this title

Text

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAPrnKEPUASAN KONSUMEN DEPOT ANEKA RASA DIrnSURABAYA



Jasa merupakan salah satu jenis usaha yang sedang berkembang pesatrnbelakangan ini, dan salah satu bentuk usaha jasa adalah rumah makan. Depot AnekarnRasa adalah salah satu dari banyak rumah makan di daerah Bendul Merisi. Penelitirnmelakukan penelitian untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan (tangible,rnreliability, responsiveness, assurance, empathy) mempunyai pengaruh secararnsimultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen Depot Aneka Rasa di Surabaya.rnDan untuk mengetahui variable mana yang paling dominan.rnJenis penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel yangrndigunakan sebanyak 70 responden dari total 280 populasi yang dilakukan pada bulanrnMareti 2013. Jenis data, adalah kuantitatif dan kualitatif. Sumber data menggunakanrndata primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan riset kepustakaan danrnlapangan. Pengolahan data dengan uji validitas, uji realibilitas, pengujian hipotesisrndengan uji F dan uji t. Pengujian hipotesis ini menggunakan teknik analisis datarnstatistik program SPSS 18.rnBerdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kualitas layananrnsecara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen. serta nilai Fhitungrn> Ftabel (11,922 > 2,3583) maka dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas layananrnyang terdiri dari : tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphatyrnmempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Depot Aneka Rasa dirnSurabaya. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kualitas layananrnberpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen karena t hitung > t tabel (4,558 >rn1,998) maka dapat disimpulkan bahwa tangible berpengaruh terhadap kepuasanrnkonsumen. Karena t hitung > t tabel (2,143 > 1,998) maka dapat disimpulkan bahwarnreliability berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Karena t hitung > t tabelrn(2,152 > 1,998) maka dapat disimpulkan bahwa responsiveness berpengaruh terhadaprnkepuasan konsumen. Karena t hitung > t tabel (2,116 > 1,998) maka dapatrndisimpulkan bahwa assurance berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Karena trnhitung > t tabel (2,201 > 1,998) maka dapat disimpulkan bahwa emphatyrnberpengaruh terhadap kepuasan konsumen.rnDiketahui pula dimensi kualitas layanan yang paling dominan berpengaruhrnterhadap kepuasan konsumen adalah tangible, karena memiliki regresi linier bergandarnyang terbesar yaitu 0,508 atau memiliki pengaruh sebesar 50,8% terhadap kepuasanrnkonsumen, jika dibandingkan dengan variabel lainnya.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher FE-UKDC : Surabaya.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly