No image available for this title

Text

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAPrnKEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMARTrnDINOYO SURABAYA



Berdasarkan data penjualan data penjualan pada Alfamart Dinoyo Surabayarnmulai Januari – Oktober 2012, telah terjadi ketidakstabilan dan kecenderunganrnpenurunan pada tingkat penjualannya. Kecenderungan penurunan tingkat penjualanrndi Alfamart Dinoyo Surabaya tersebut didukung oleh kenaikan jumlah komplainrnpelanggan dalam setiap bulannya pada Januari – Oktober 2012. Terjadinyarnkecenderungan penurunan pada penjualan serta kecenderungan meningkatnya jumlahrnkomplain pelanggan di Alfamart Dinoyo Surabaya tersebut mengindikasikan tingkatrnkualitas layanan yang diberikan pihak Alfamart kepada pelanggan kurang bagus danrntingkat kepuasan pelanggan Alfamart yang semakin menurun. Penelitian inirnbertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumenrndi Alfamart Dinoyo Surabaya.rnPenelitian ini menggunakan dua variabel bebas (X) yaitu kualitas layanan (X)rnyang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4),rndan perhatian (X5) dengan variabel terikat (Y) yaitu kepuasan konsumen (Y) dirnAlfamart Dinoyo Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumenrnyang sedang melakukan pembelian di Alfamart Dinoyo Surabaya yang jumlahnyarntidak diketahui secara pasti, dengan sampel sebesar 150 responden. Analisa datarnmenggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisa RegresirnLinier Berganda, Koefisien Determinasi Berganda (R2), Uji F (uji simultan), dan Ujirnt (uji parsial).rnBerdasarkan hasil uji regresi linier berganda didapatkan permodelan yaiturnY = 2,889 + 0,390X1 + 0,503X2 + 0,782X3 + 0,421X4 + 0,262X5. Koefisien KoefisienrnDeterminasi Berganda (R2) sebesar 563,8%. Selanjutnya hasil Uji F (uji simultan)rndidapatkan hasil yaitu F sebesar 50,764 > Ftabel = F(0,05; 5; 144), sehingga dapatrndikatakan bahwa kualitas layanan (X) yang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalanrn(X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan perhatian (X5) secara simultanrnberpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil Uji t (uji parsial)rndidapatkan hasil yaitu tangible (X1) dengan thitung (3,496) > ttabel (1,977), reliabilityrn(X2) dengan thitung (4,162) > ttabel (1,977), responsiveness (X3) dengan thitung (6,043) >rnttabel (1,977), assurance (X4) dengan thitung (3,858) > ttabel (1,977), dan empathy (X5)rndengan thitung (2,603) > ttabel (1,977).rnDari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan (X) yang terdirirndari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan perhatianrn(X5) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Variabel bebasrn(X) yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen (Y) adalahrnresponsiveness (X3) dengan nilai korelasi parsial (r) terbesar yaitu 0,450.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher FE-UKDC : Surabaya.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly