No image available for this title

Text

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Dealer Yamaha SMS Motor Surabaya.



Makin beragam pilihan motor yang baik dan berkualitas dari jenis maupunrnmerek membuat semua dealer bersaing mendapatkan perhatian konsumen. Karenarnkonsumen memiliki hak untuk memilih yang terbaik dari yang ada, maka perlurnditingkatkan dalam kualitas pelayanannya Salah satu dealer yang berkecimpungrndalam dunia sepeda motor adalah dealer Yamaha SMS Motor yang terletak dirnJalan Arief Rahman Hakim 60, Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untukrnmengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas layananrn(tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) terhadap kepuasanrnkonsumen pada dealer Yamaha SMS Motor Surabaya.rnPenelitian ini menggunakan lima variabel (X) yaitu Dimensi Tangiblern(X1), Dimensi Reliability (X2), Dimensi Responsiveness (X3), Dimensi Assurancern(X4), dan Dimensi Emphaty (X5) dengan variabel (Y) yaitu Kepuasan Konsumen.rnDengan populasi yaitu konsumen Yamaha SMS Motor dan diambil sampelrnsebanyak 100 responden. Pengukuran data yang digunakan adalah dengan UjirnValiditas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisa Regresi Linier Berganda,rnKoefisien Korelasi Berganda (R), Koefisien Determinasi Berganda (R2), Uji F (ujirnsecara serentak), Uji Hipotesis Parsial (t).rnDari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, hasilrndari Uji Validitas adalah valid, Uji Reliabilitas adalah reliable, Uji Asumsi Klasikrnyang telah di uji, memenuhi persyaratan. Dari Analisa Regresi Linier Bergandarntelah didapatkan permodelan yaitu Y = 0,132 + 0,172.X1 + 0,146.X2 + 0,053.X3+rn0,435.X4 + 0,172.X5. Dari Koefisien Korelasi Berganda (R) didapatkan hasilrnyaitu 0,753. Dari Koefisien Determinasi Berganda (R2) didapatkan hasil yaiturn56,6 %. Dari hasil Uji F (uji secara serentak) didapatkan hasil yaitu F hitung ≥ F tabelrnyaitu 24,565 ≥ 2,311 sehingga dapat dikatakan bahwa kelima variabel independenrnsecara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasilrnUji Hipotesis Parsial (t) didapatkan hasil yaitu tangible (X1) dengan thitung 1,306 ≤rnt tabel 2.2779, reliability (X2) dengan t hitung 1,493 ≤ t tabel 2.2779, responsivenessrn(X3) dengan t hitung 0.724 ≤ t tabel 2.2779, assurance (X4) dengan t hitung 3,296 ≥ trntabel 2.2779, emphaty (X5) dengan t hitung 1,690 ≤ t tabel 2.2779. Dari kelima hasilrntersebut dapat disimpulkan bahwa variabel yang memberikan pengaruh terhadaprnkepuasan konsumen pada dealer Yamaha SMS Motor Surabaya adalah assurancern(jaminan), dengan nilai t hitung = 3,296 ≥ t tabel = 2.2779.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
FE-M CHA p
Publisher FE/M-UKDC : Surabaya.,
Collation
xi,68hlm:tab:il;30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly