No image available for this title

Text

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Eaton Surabaya.



Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2011 di Jawa Timur membuat usaharnrestoran atau rumah makan di Surabaya meningkat. Semakin banyak jumlahrnrestoran dan adanya perubahan perilaku, gaya hidup, serta selera pelanggan, makarntimbul pula di bidang usaha restoran yang masing-masing memiliki keunggulanrnyang ditawarkan, sehingga kualitas layanan yang baik dan cita rasa yang lezatrnmerupakan kunci penting agar dapat bertahan dalam persaingan. Keadaan inirndipersulit juga karena di plaza-plaza kini juga banyak terdapat beraneka ragamrngerai-gerai restoran. Melihat pola perilaku masyarakat yang senang menghabiskanrnwaktu di plaza, maka kondisi ini akan semakin mempersempit pangsa pasarrnrestoran Eaton. Oleh Karena itu peningkatan merupakan salah satu alternativerntindakan yang bisa membuat restoran Eaton dapat bertahan. Permasalahan yangrndiangkat dalam penelitian ini adalah apakah variable-variabel kualitas layananrndalam penelitian ini memiliki pengaruh yang berarti terhadap kepuasan konsumenrndi restoran Eaton Tunjungan Plaza Surabaya baik secara simultan maupun secararnparsial?rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layananrnterhadap kepuasan konsumen di restoran Eaton Tunjungan Plaza Surabaya baikrnsecara simultan maupun secara parsial. Berdasar pada rumusan masalah makarndapat ditarik hipotesa sebagai berikut, kualitas layanan baik secara simultanrnmaupun parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.rnTeknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresirnlinear berganda. Teknik pengumpulan data pada penelitian dengan menyebarkanrnkuesioner kepada para konsumen di restoran Eaton Surabaya. Pengolahan datarndengan menggunakan uji reliabilitas, uji validitas, analisis regresi linear berganda,rnanalisis koefisien determinasi berganda, uji F, uji t. Hasil penelitian menunjukkanrnbahwa kualitas layanan yang terdiri dari X1 (tangibles), X2 (reliability), X3rn(responsiveness), X4 (assurance), X5 (empathy) secara bersama-sama ataurnsimultan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kepuasan konsumen,rnhal ini ditunjukkan dari hasil uji F, dengan menggunakan bantuan program SPSSrn19, dan memperoleh hasil sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 19,030 > 2,311, sedangkanrnperhitungan secara parsial dapat diketahui bahwa hasil-hasil variable denganrnmenggunakan uji t adalah tangible (X1) thitung -0,761 > ttabel 1,9855, reliabilityrn(X2) thitung 2,098 > ttabel 1,9855, responsiveness (X3) thitung 1,297 > ttabel 1,9855,rnassurance (X4) thitung 2,921 > ttabel 1,9855, empathy (X5) thitung 3,178 > ttabelrn1,9855, maka dapat diketahui bahwa variable empathy merupakan variable yangrnpaling dominan yaitu ditunjukkan dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung =rn3,178.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
FE-M BUD p
Publisher FE/M-UKDC : Surabaya.,
Collation
xi,61hlm:tab:il;30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
---
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly