Image of Sosiologi Pendidikan  : Memahami Pendidikan dari Aspek Multikulturalisme

Text

Sosiologi Pendidikan : Memahami Pendidikan dari Aspek Multikulturalisme



Seorang sosiolog berkata "Ceritakan kepadaku pendidikan yang ada di negaramu, maka aku akan mengetahui kuali tas manusianya." Artinya kualitas pendidikan menjadi kunci maju tidaknya suatu negara. Tanpa pendidikan yang berkualitas mustahil sebuah negara akan maju. Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 pendidikan dimaknai sebagai "usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memi liki kekuatan spiritual keagamaan, dan pengendalian diri, kecerdasan akhlak, mulia serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, dan negara. Pertanyaannya apakah pendidikan kita saat ini sudah seperti yang disebut di atas?

Konsep pendidikan yang ada di Indonesia seharusnya disusun berdasarkan kemajemukan masyarakatnya. Hanya dengan demikian warga negaranya bisa saling menjaga dan menghormati perbedaan yang ada di tengah-tengah mereka. Maka dalam mendesain sistem kurikulum pendidikan harus berbasis pada multikulturalisme masyarakatnya. Pendidikan multikulturalisme penting untuk menjadi jaring pengaman anak bangsa dari pengaruh budaya luar serta menumbuhkan kesadaran untuk saling menghargai antar-sesama anak bangsa.


Availability

#
Hibah PERPUSNAS 2021 370.1 SYU s
pusnas-13977-2022
Available
#
Hibah PERPUSNAS 2021 370.1 SYU s
pusnas-13978-2022
Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
370.1 SYU s
Publisher Prendamedia Group : Jakarta.,
Collation
236 hlm.; 20,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232183780
Classification
370.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly